Thursday, November 17, 2016

Fantastic Beasts and Where to Find Them Movie Comments

Keywords: magic, fantastic beasts, 
Audience: PG
Violent content: some fights and a few kills (mild visualization)
Sexual content: one kiss

Ketika pembuatan film ini diumumkan, saya pikir ini tentang petualangan Newt mengumpulkan hewan-hewan fantastis di Amerika. Rupanya film ini lebih banyak berisi ekspansi dunia sihir daripada soal hewan fantastis. Tanpa Newt dan hewan-hewan fantastisnya, plot akan tetap berjalan--sama sekali berbeda dengan kehadiran Harry Potter yang membuat Voldemort bolak-balik ke Hogwarts sebelum musim ujian.
Di satu sisi, cukup segar melihat tokoh utama yang bukan The Chosen One. Di sisi lain, pendalaman tokoh utama menjadi minim. Potterhead tidak menjadi jauh lebih banyak tahu tentang Newt daripada sebelum menonton film ini.
Kalau sudah menonton trailernya, kita tahu film ini mengangkat isu ekstremisme dan terorisme seperti serial Harry Potter. Karena lokasinya bukan di lingkungan eksklusif (seperti sekolah khusus penyihir), patutlah isu "The Others" banyak diangkat. Voldemort sudah mengungkit-ungkitnya: kenapa penyihir harus bersembunyi? Walau posisi penyihir belum segenting mutan-mutan X-Men (berkat mantra Obliviate), film ini sudah menggiring kita ke arah perang penyihir vs muggle.
Ada hal yang sangat mengecewakan, dari segi cerita, pada klimaks film ini. Pesan kasih sayang dan toleransi dilupakan oleh tokoh-tokoh protagonisnya begitu saja begitu klimaks berakhir.
Menonton film ini membuat saya ingin membaca buku-buku Harry Potter terakhir pada bagian masa lalu Albus Dumbledore. Selain karena Dumbledore pernah bersahabat dengan penjahat utama film ini, ada fenomena yang terjadi pada masa lalu Dumbledore yang terjadi pada film ini.
Spesial efek film ini memuaskan, bahkan bagi saya yang sebelumnya menonton Dr. Strange yang mengagumkan. Sayang, latar kotanya terlalu rapi. Jalanan terlalu bersih dan bata-bata terlihat seperti baru sekalipun dindingnya sudah separuh rubuh.
Fantastic Beasts and Where to Find Them adalah tontonan wajib bagi penggemar Harry Potter dan, terlepas dari kekurangan pada ceritanya, dapat menghibur penonton lain.

No comments:

Post a Comment

Please add your comment here. Thank you ^^

Labels

life (37) hobby (22) movie (21) review (20) GRE (16) poem (12) study (12) work (11) game (8) social (8) translation (7) business (6) dream (6) economy (6) novel (6) music (5) Facebook (3) friendship (3) linguistics (3) manga (3) marketing (3) self-actualization (3) IELTS (2) language (2) money (2) culture (1) gender (1) leadership (1) literature (1) name (1) peace (1)